Total Tayangan Halaman

Rabu, 10 Juni 2009

MADRASAH DINIYAH DAAR EL MAFAIZ

LATAR BELAKANG
Anak adalah amanah Allah swt., kewajiban orang tua membimbingnya agar ia hidup bahagia dunia dan akherat. Setiap kita Insya Allah telah memberikan pendidikan sekolah terbaik untuk putra/putri kita. Namun terkadang sekolah tidak terlalu menekankan pada pembinaan dan pendidikan agama yang memadai. Untuk itu kami dari Madrasah Diniyah (MD) Daar El Mafaiz memberikan bantuan bimbingan agama Islam dengan program pendidikan :

· Mengacu kurikulum Departemen Agama
· Membaca Iqra/Al-Qur’an Intensif Setiap 5 Santri ditangani oleh 1 orang guru
· Praktek Ibadah
· Lama Belajar 4 tahun dan Berijazah Departemen Agama
· Peserta didik minimal duduk di kelas I SD maksimal Kelas V SD
· Waktu belajar disesuaikan dengan waktu luang belajar di Sekolah masing-masing
· Jumlah Peserta Didik 20 Siswa perkelas

PROSES PEMBELAJARAN
Proses belajar dan pembinaan pada MDA dilaksanakan dari senin s/d Jum’at. Proses pendidikan dikonsentrasikan pada kemampuan dan kecakapan membaca dan menulis Al-Qur’an dengan durasi waktu 2 x 30 menit dan dilanjutkan dengan materi agama. Adapun materi dan pembinaan agama pada tahun pertama di MD Daar El Mafaiz adalah :

1. Al-Qur’an dan Hadits
2. Al-Fiqh
3. Akidah Akhlak
4. Sejarah Kebudayaan islam
5. Bahasa Arab

Teknis pengajaran dilakukan dengan pembentukan Rombongan belajar pada tingkat kemampuan santri dalam pengetahuan dan kecakapan membaca al-qur’an. Mudaris dalam menyampaikan materi pendidikan diarahkan kepada pencapaian indikator target kemampuan dasar santri dengan acuan utama pada kurikulum yang dibuat oleh Departemen Agama (DEPAG). Dalam hal ibadah mahdhoh santri dibimbing untuk melaksanakan Shalat Ashar berjamaah untuk santri sore dan sholat Isya untuk santri malam hari sesuai dengan ketentuan yang berlaku, adapun Ibadah Ghair Mahdoh dengan membiasakan santri untuk bersosialisasi Islami baik dengan sesama maupun dengan lingkungannya.

Tidak ada komentar: